Artikel

Mau Kredit Mobil Bekas Atau Baru, Perhatikan Hal-Hal Berikut

kredit mobil baru dan bekas

Saat ini, tidak hanya mobil baru saja yang dapat di beli secara kredit. Mobil bekas pun bisa di ajukan pembelian dalam bentuk kredit. Hal ini jelas mempermudah bagi anda yang ingin memiliki sebuah mobil bekas dengan harga yang pastinya lebih murah dari pada kredit mobil baru.

Jika anda memiliki dana yang tidak terlalu besar untuk membeli sebuah mobil, anda bisa memilih cara pembelian kredit. Bahkan apabila dana tersebut benar-benar sangat terbatas, anda bisa mempertimbangkan untuk memilih pembelian kredit mobil bekas. Ingat, anda sebagai seorang kreditur tentu tidak ingin mengalami kerugian ataupun hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada kredit kendaraan anda. Untuk tu, sangat penting mempertimbangkan dan memperhitungkan segala sesuatu sebelum langkah pengajuan kredit anda tempuh.

Kredit Mobil Baru atau Mobil Bekas?

Kredit mobil baru maupun bekas, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Apapun bentuk kondisi mobil yang akan anda beli, tentu anda akan mendapatkan manfaat maksimal atas pengajuan kredit mobil yang anda ajukan. Berikut ini beberapa perbedaan mengenai kredit mobil baru dan bekas sebagai bahan pertimbangan untuk anda.

  • Suku bunga Kredit, baik pihak Bank maupun lembaga keuangan tentunya akan mempertimbangkan segala resiko yang akan mereka tanggung saat mengucurkan dana kredit atas pengajuan yang anda lakukan. Pada kredit mobil bekas, tentu akan lebih beresiko bagi pihak Bank atau lembaga keuangan. Biasanya, untuk kredit mobil bekas, Bank atau lembaga keuangan akan menerapkan bunga kredit yang lebih besar di bandingka dengan kredit mobil baru.
  • Uang Muka, saat anda berniat untuk membeli mobil secara kredit, tentu wajib bagi anda untuk menyediakan dana sebagai uang muka (TDP) . Besarnya uang muka biasanya di tentukan sesuai peraturan Bank Indonesia, yakni kisaran 25%-30% dari harga mobil yang hendak anda beli. Sebagai contoh, anda akan membeli secara kredit mobil dengan harga 200 juta. Maka, setidaknya harus menyiapkan dana uang muka 50-60 juta. Di sisi lain, jika anda ingin membeli mobil bekas dengan harga 100 juta, anda hanya cukup menyediakan uang muka 25-30 juta saja.
  • Harga Jual, Membeli mobil baru akan menimbulkan resiko penurunan harga yang cukup signifikan jika anda berniat akan menjual mobil anda di kemudian hari. Tetapi jika anda membeli mobil bekas, anda tidak akan merasakan penurunan harga yang signifikan. Walaupun tetap ada penurunan, namun masih dalam batas yang wajar.

Bagaimana, ingin membeli mobil baru atau bekas? Anda lah yang bisa menentukan sendiri. Selalu bijak lah dalam setiap pengambilan keputusan. Jangan terburu-buru, agar nantinya tidak ada penyesalan di masa mendatang.